Senin, 20 Desember 2010

Masalah Itu Bukan Monster

Masalah ini masalah itu, datang silih berganti. Seakan tiada detik tanpa kehadiran satu masalah di dalam keseharian. Lucu ya, seakan masalah itu sudah menjadi daging bagi tubuh kita. Bila tidak muncul satu masalah maka akan merasa kehilangan, namun ketika muncul malah mau dihilangkan.

Banyak yang meluapkan perasaannya dengan mengatakan beban hidupnya sangat berat dan berusaha mengakhiri hidupnya. Tapi anehnya dia berkata tanpa menoleh ke kiri atau ke kanan, konon lagi menoleh kebelakang atau malah menunduk kebawah. Yang dia lakukan hanya menoleh keatas sambil terus bergumam tentang beban masalahnya.
Padahal setiap masalah yang datang itu sebenarnya sederhana, malah sangat sederhana sekali. Namun masalah itu besar karena buah pemikiran, pikiran manusialah yang membesarkannya. Belajarlah pada orang yang bijak, lihatlah bagaimana dia mengecilkan setiap masalah. Bercerminlah pada para pendahulu kita, lihat bagaimana mereka menyikapi suatu masalah.

Jadi masalah itu sebenarnya hanya sebuah batu loncatan, batu loncatan untuk membuat diri semakin matang dan sabar. Bukankah seseorang sebelum mendapat suatu penilaian harus melewati sebuah ujian? Tak perlu risau dan resah saat masalah terus datang dan mendera. Karena beban masalah yang kita dapatkan sudah disesuaikan dengan kadar kemampuan diri kita. Cukup berusaha dan bersabar dalam menyikapinya, serta katakan kalau masalah itu tidak semenakutkan seperti apa yang kita pikirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar